Home / Bisnis & usaha

Sabtu, 14 Agustus 2021 - 20:29 WIB

Modal Usaha Ternak Kambing Beserta Rinciannya

Adapun Rincian Modal usaha ternak kambing buat pemula, adalah sebagai berikut:

▪ Bibit Kambing
Bibit kambing harga sekitar Rp 200 ribu sampai Rp 1 juta. Diasumsikan jika bibit kambing perekor sebesar Rp 200 ribu maka modal usaha yang diperlukan untuk membeli 10 ekor kambing adalah Rp 2 juta. Bibit kambing ini termasuk yang kecil-kecil.

▪ Kandang
Pembuatan kandang harga Rp 1 juta. Kandang kambing yang dibuat secara sederhana dari kayu.

▪ Pakan
Biaya pakan kambing dan konsentrat vitamin sekitar Rp 100 ribu perbulan.

▪ Upah
Upah karyawan sekitar Rp 700 ribu perbulan.

Apabila diestimasikan harga jual kambing sekarang ini dengan usia kambing sembilan bulan ke atas sekitar Rp 1,5 juta. Maka keuntungan kotor yang didapatkan dari usaha ternak kambing sebesar Rp 15 juta. Keuntungan kotor dipotong biaya modal usaha maka untung bersih sekitar Rp 800 ribu untuk 9 bulan.

Namun keuntungan lebih besar dari itu sebab seekor kambing bisa mempunyai anak satu sampai dua kambing. Lalu dari penjualan susu kambing dan dari penjualan kotoran kambing yang bagus sekali dijadikan pupuk kandang. Biaya tenaga kerja bisa menggunakan tenaga sendiri. Biaya pakan dapat dikurangi dengan mencari pakan sendiri di lahan hijau di desa yang sangat banyak dan mendukung sekali.

Baca Juga :  Modal Usaha Angkringan Modern Untuk Pemula

Baca Juga :

Bisnis & usaha

Setelah beberapa tahun kemudian keuntungan semakin besar didapat peternak kambing. Karena tidak perlu menghitung biaya pembuatan kandang sebagai modal awal usaha ternak kambing. Jika anda ingin usaha ternak kambing yang lebih menguntungkan maka bisa menerapkan sistem titip dan rawat kambing yang dilakukan oleh Akbar.

Di desa penulis, para pemilik kambing bisa menitipkan kambing miliknya kepada peternak kambing untuk dipelihara. Setelah kambing melahirkan maka anak kambing itu jika dijual maka keuntungan dibagi dua.

Baca Juga :  Modal usaha toko kosmetik dan Rinciannya

Untuk membuktikan bisnis ternak kambing sangat menguntungkan adalah mertua penulis sendiri yang berprofesi sebagai peternak kambing yang menjalankan bisnis ini dengan sukses.

Ia mampu menghidupi anak dan isteri dari usaha sampingan ternak kambing. Dari awalnya peternak kambing satu ekor kemudian kambing berkembang biak menjadi 10 ekor kambing dan satu sapi.

Harga jual satu ekor sapi mencapai Rp 10 juta dan harga satu kambing Rp 2 juta. Hitung sendiri berapa keuntungan yang didapatkan dari usaha ternak kambing yang dilakukan secara sampingan dan rumahan ini?

Untuk memulai usaha anda ada baiknya pelajari dan pahami kewajiban perpajakan yang harus dipenuhi di link ini (Kewajiban Pajak UMKM), guna untuk menunjang kelancaran dan kelegalan usaha yang anda tekuni.

Baca Juga : Ide-Ide Peluang Usaha yang Menjanjikan

Sumber : www.investasiuntung.com

Share :

Baca Juga

Modal Usaha

Bisnis & usaha

Modal usaha toko kosmetik dan Rinciannya
Modal Usaha

Bisnis & usaha

Modal Usaha Toko Sepatu untuk Pemula
Modal Usaha

Bisnis & usaha

Modal & Perhitungan Bisnis Jamur Tiram
Modal Usaha

Bisnis & usaha

Modal Usaha Aneka Gorengan Untuk Pemula
Modal Usaha

Bisnis & usaha

Modal Usaha Ternak Sapi (Estimasi Biaya Ternak Sapi)
Modal Usaha

Bisnis & usaha

Modal Usaha Toko Busana Mulai Awal hingga Buka
Modal Usaha

Bisnis & usaha

Modal Usaha Ternak Bebek Petelur
Modal Usaha

Bisnis & usaha

Modal Usaha AngkringanĀ & Rincian Biaya-Biayanya
%d blogger menyukai ini: