Home / Bisnis & usaha

Sabtu, 14 Agustus 2021 - 13:52 WIB

Modal Usaha Toko Busana Mulai Awal hingga Buka

Rincian Modal Usaha Toko Busana Mulai Awal hingga Buka

Salah satu hal yang sering ditanyakan calon pelaku usaha toko baju adalah berapa modal yang diperlukan untuk membuka toko busana secara fisik? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini rincian modal usaha mulai awal hingga berdiri, antara lain:

▪ Sewa Lokasi Usaha
Untuk biaya sewa lokasi usaha harganya berbeda-beda tergantung tempat dan wilayah. Jika anda menyewa lokasi usaha toko busana di salah satu plaza atau mall yang strategis, harga sewa tempat usaha biasanya sekitar Rp 10 juta pertahun. Dan itu pun sewa tempat usaha  di plaza atau mall minimal jangka waktu 5 tahun. Sehingga modal usaha yang harus dikeluarkan untuk sewa tempat saja sebesar Rp 50 juta per lima tahun.

▪ Etalase
Biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli etalase bagi pajangan aneka busana yang dijual sebesar Rp 6 juta.

▪ Peralatan
Perlengkapan dan peralatan  toko  meliputi patung, stainless gawang, hanger, rak, pajangan, buku, kertas nota, ballpoint, stempel  dan lain sebagainya. Biaya modal usaha untuk membeli peralatan dan perlengkapan  toko  sekitar Rp 20 juta.

Baca Juga :  Modal Usaha Warung Kopi

▪ Isi Toko Dan Modal Stok
Inilah modal usaha yang utama dari bisnis toko busana. Adapun untuk mengisi toko busana dengan ukuran 10 meter kali 5 meter diperlukan modal minimal sekitar Rp 100 juta termasuk stok gudang.

Biaya Operasional
Biaya ini termasuk biaya bensin, angkut barang dan lain-lain. Biaya yang harus dikeluarkan untuk pos ini sebesar Rp 4 juta.

▪ Biaya Listrik
Harga Rp 100 ribu perbulan

▪ Biaya Perawatan Toko
Modal yang harus dikeluarkan untuk perawatan dan pengecatan toko busana sebesar Rp 300 ribu perbulan.

▪ Gaji Pegawai
Untuk gaji karyawan Rp 600 ribu perbulan belum termasuk bonus dan tunjangan serta uang makan

Jadi total estimasi modal usaha yang dibutuhkan dalam membuka toko busana dari awal sampai buka sebesar Rp 181 juta. Modal toko busana yang dikeluarkan bisa balik modal dalam waktu singkat mengingat pangsa pasar luas dan keuntungan bisa lumayan besar per item pakaian.
 
 

Jika dilihat di atas, maka modal usaha yang dibutuhkan dalam membuka toko busana sangat besar Rp 181 juta. Bagi pemula yang memiliki modal kecil dan ingin mencoba bisnis toko busana tentu akan sangat kesulitan. Tapi dengan berbagai kemudahan yang ada, bagi anda yang mempunyai modal keuangan yang minim tapi ingin memulai usaha toko busana dapat dimulai dengan modal kecil. Seperti membuka usaha toko busana secara online. Modal usaha yang dibutuhkan adalah koneksi internet, situs gratis atau berbayar dan lain-lain. Jadi intinya, sobat sebagai pihak reseller atau dropshipper yang bertugas fokus utama untuk menjual pakaian ke masyarakat luas. Jika ada pesanan pakaian tinggal menghubungi pihak suplier atau pemasok.

Baca Juga :  Modal Usaha Ternak Sapi (Estimasi Biaya Ternak Sapi)

Untuk memulai usaha anda ada baiknya pelajari dan pahami kewajiban perpajakan yang harus dipenuhi di link ini (Kewajiban Pajak UMKM), guna untuk menunjang kelancaran dan kelegalan usaha yang anda tekuni.

Baca Juga : Ide-Ide Peluang Usaha yang Menjanjikan

Sumber : www.investasiuntung.com

Share :

Baca Juga

Modal Usaha

Bisnis & usaha

Modal Usaha Laundry dan Rincianya
Modal Usaha

Bisnis & usaha

Modal Usaha Ternak Ayam Betelur
Modal Usaha

Bisnis & usaha

Modal Usaha Toko Pertanian Yang Harus di Ketahui
https://s3-ap-southeast-1.amazonaws.com/jurnal-blog-assets/wp-content/uploads/2019/02/12154815/Jurnal_Blog_Mengenal-Berbagai-Macam-Jenis-Jurnal-dalam-Akuntansi.jpg-2.jpg

Bisnis & usaha

Faktor Faktor Penyebab Kegagalan Usaha
Modal Usaha

Bisnis & usaha

Modal Usaha Ternak Kambing Beserta Rinciannya
Modal Usaha

Bisnis & usaha

Modal Usaha Toko Sepatu untuk Pemula
Modal Usaha

Bisnis & usaha

Modal Usaha Grosir Toko Plastik
Modal Usaha

Bisnis & usaha

Modal Usaha Ikan Nila untuk Pemula
%d blogger menyukai ini: