Home / Informasi Pajak

Jumat, 24 September 2021 - 11:44 WIB

Penundaan Lapor SPT Tahunan

Study Kasus Pajak : Penundaan Lapor SPT Tahunan

Sebagai wajib pajak, baik itu orang pribadi maupun wajib pajak berbentuk badan hukum, setiap akhir tahun harus menyampaikan surat pemberitahuan (SPT) Tahunan.

Dimana batas waktu pembayaran atau pelaporan SPT tahunan,

untuk wajib pajak orang pribadi, paling lama akhir bulan maret tahun pajak berkutnya.

Misal, wajib pajak orang pribadi pada tahun 2019 telah menyelesaikan penyusunan laporan keuangan dan akan melakukan pembayaran serta melaporkan SPT Tahunan tersebut.

Jadi batas pelaporan SPT Tahunan orang pribadi tersebut, paling lama akhir bulan maret 2020.

Sedangkan untuk batas waktu pembayaran dan penyampaian SPT tahunan yang berbentuk badan hukum, akhir bulan april tahun berikutnya.

Dari batas waktu penyampaian SPT Tahunan yang di tentukan berdasarkan undang-undang pajak penghasilan (UU PPh). Tentunya ada sebagian wajib pajak yang merasa batas waktu pelaporan SPT Tahunan tersebut masih kurang.

Dimana ada beberapa wajib pajak, merasa kesulitan dalam pengumpulan data dan dokumen untuk di jadikan dasar dalam penyusunan laporan keuangan.

Salah satunya bukti pemotongan pajak penghasilan dari pihak ketiga, terkadang bukti pemotong tersebut baru di kirim dari perusahaan pihak ketiga dalam beberapa bulan setelah di lakukan pemotongan pajak.

Untuk menyikapi permasalahan tentang batas waktu pelporan spt tahunan, bagi wajib pajak yang memerlukan waktu lebih dari yang di tentukan uu pajak penghasilan,

Baca Juga :  PENGENAAN PAJAK PENJUALAN ATAS MINUMAN

Penulis akan berbagi informasi cara melakukan penundaan lapor spt tahunan, yaitu dengan cara melakukan permohonan perpanjang jangka waktu pelaporan spt tahunan yang akan penulis jabarkan di bawah ini.

Langkah-Langka Penundaan Lapor SPT Tahunan

Berdasarkan Pasal 4 Ayat (1) dan (2) PER-21/PJ/2009, prosedur yang harus dilakukan oleh wajib pajak Badan dan Wajib Pajak Orang Pribadi langka-langka dalam mengajukan permohonan Penundaan Lapor SPT Tahunan adalah sebagai berikut:

Mengisi Formulir permohonan penundaan lapor SPT Tahunan, baik Wajib pajak Badan maupun Wajib Pajak Orang Pribadi, harus disampaikan secara tertulis ditujukan kepada dirjen pajak kantor pelayan pajak (KPP) setempat dengan menggunakan formulir yang telah ditentukan ssebagai berikut;

  1. Formulir 1771-Y, ditujukan untuk SPT Tahunan PPh Badan
  2. Sedangkan formulir 1770-Y untuk SPT Tahunan PPh wajib pajak orang pribadi
  3. Formulir 1771-$Y, untuk SPT Tahunan PPh Badan jika menggunakan mata uang dolar AS

Contoh Surat Permohonan Perpanjang SPT Tahunan

Contoh Surat Permohonan Perpanjang SPT Tahunan

Surat permohonan tersebut harus dilampirkan dengan penghitungan sementara pajak yang terutang dalam satu Tahun Pajak dan Surat Setoran Pajak sebagai bukti pelunasan kekurangan pembayaran pajak yang terutang.

  1. Membuat Pemberitahuan Perpanjangan SPT Tahunan secara tertulis, permohonan itu disampaikan dalam formulir yang sudah baku (hardcopy) atau dalam bentuk data elektronik (E-SPT). Jangan lupa masukkan dokumen lampiran yang diminta dan serahkan ke Kantor Pelayanan Pajak sebelum batas waktu penyampaian SPT Tahunan berakhir.
  2. Formulir permohonan itu harus ditandatangani oleh Wajib Pajak atau pihak kuasa yang ditunjuk. Jika Pemberitahuan Perpanjangan SPT Tahunan diurus dan ditandatangani oleh kuasa Wajib Pajak, maka harus dilampirkan Surat Kuasa.
  3. Wajib Pajak harus menjelaskan alasan mengapa memerlukan perpanjangan waktu. Alasan ini disertakan ke dalam kolom yang tersedia pada formulir 1770 atau 1771.
Baca Juga :  Cara Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak

Setelah rekan-rekan melengkapi semua dokumen yang telah penulis jabarkan di atas, selanjutnya wajib pajak bisa kirim surat permohonan penundaan lapor spt tahunan beserta lampiran pendukung yang di perlukan melaui kantor pos.

Wajib pajak juga bisa menyampaikan langsung surat permohonan penundaan lapor spt tahunan ke kantor pelayanan pajak stempat.

Sekian pembahasan kali ini yaitu cara Penundaan Lapor SPT Tahunan, semoga bisa bermanfaat untuk rekan-rekan semuanya.

Baca Juga : Jenis dan Tarif Pajak yang berlaku di Indonesia

Agar tidak ketinggalan informasi Pajak dari penulis silahkan langsung download Aplikasi pajak khusus untuk smartphone android di link ini : Belajar Pajak.Apk

Baca Juga :

Share :

Baca Juga

Piutang Usaha

Informasi Pajak

Pengertian dan Pencatatan Piutang Usaha Dalam Akuntansi
Tarif Pajak Indonesia

Informasi Pajak

Tindak Pidana Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi
Contoh PPh 21 DTP Tahun 2021

Informasi Pajak

Contoh PPh 21 DTP Tahun 2021
Pembetulan SPT Tahunan

Informasi Pajak

Pembetulan SPT Tahunan Sebelum & Setelah Pemeriksaan
Kewajiban Perpajakan, Cara Pengisian eSPT Tahunan. Tarif Pajak Indonesia, PPh 23, PPh 22, PPh 21, PPh 4 ayat 2, PPh 26

Informasi Pajak

NPWP Non Efektif Bagi Wajib Pajak
Surat Ketetapan Pajak (SKP)

Informasi Pajak

Ketetapan Pajak (SKP) Bisa di ubah loe…??
Tarif PPh Badan 2021

Informasi Pajak

Tarif PPh Badan 2021
Aspek Perpajakan Sewa Alat Berat

Informasi Pajak

Kewajiban Perpajakan Sewa Alat Berat
%d blogger menyukai ini: