Home / Tentang Bisnis & Usaha

Kamis, 20 Agustus 2020 - 11:17 WIB

Cara Menjadi Eksportir Perikanan

Ekspor adalah proses transformasi suatu komoditas atau barang dari suatu negara ke negara lainnya. Proses ini juga sering kali dilakukan oleh para perusahaan atau para pelaku usaha baik itu dengan bisnis sekala kecil maupun skala besar sebagai sebuah strategi utama untuk dapat bersaing ditingkat internasional serta menggarap pasar dunia yang sangat kompetitif dan terbuka lebar.

Alasan mengapa strategi ekspor ini digunakan adalah karena resiko yang lebih rendah, modal lebih kecil, penetrasi keuntungan yang besar, dan lebih mudah dibandingkan strategi lainnya. Selain itu, perdagangan bebas antara negara satu dengan beberapa negara lainnya adalah sebuah konsep ekonomi dalam penjualan produk tanpa pajak ekspor-impor dan hambatan perdagangan lainnya.

Dilain halnya, Jika kita melihat potensi Indonesia dari dulu sampai sekarang, maka yang akan terlintas dipikiran adalah sebagai negara maritim yang dikelilingi lautan yang sangat luas sehingga sangat berpotensi untuk menjadi negara produsen atau negara eksportir terbesar bagi produk perikanan.

Cara Menjadi Eksportir Perikanan - Mister Exportir
Cara Menjadi Eksportir Perikanan – Mister Exportir (sumber kompas)

Oleh karena itu, peluang yang sangat besar tersebut seharusnya bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin baik itu bagi pemerintah indonesia, perusahaan-perusahaan swasta, maupun bagi para sahabat UKM yang memiliki fokus terhadap hal tersebut.

Meskipun demikian, menjadi seorang eksportir perikanan mungkin masih menjadi tantangan bagi siapapun yang masih belum paham bagaimana cara mengekspor produk perikanan. Bisa jadi, para calon eksportir menghadapi permasalahan-permasalahan secara teknis sehingga mengurungkan diri untuk terjun kedunia ekspor produk kelautan.

Nah Sahabat Mister Exportir yang kami banggakan, dengan membaca artikel pada laman ini sampai habis, maka anda pasti akan mengetahui bagaimana rahasia menjadi eksportir perikanan. Penasaran? Yuk kita pelajari secara seksama.

ntuan Menjadi Eksportir Perikanan.

Untuk menjadi sebuah perusahaan eksportir perikanan harus memenuhi beberapa syarat atau ketentuan- ketentuan sebagai berikut:
Syarat:

Ada 4 syarat yang harus dimiliki oleh suatu perusahaan untuk bisa melaksanakan kegiatan ekspor produk kelautan yaitu:

1. Sarana dan prasarana tempat pengolahan yang sesuai ketentuan
2. Sumber daya manusai (SDM)
3. Tertib administrasi
4. Kelayakan produk

 

Ketentuan:

1. Memiliki badan hokum, dalam bentuk:

Share :

%d blogger menyukai ini: