Home / Bisnis & usaha

Sabtu, 14 Agustus 2021 - 08:59 WIB

Modal usaha toko kosmetik dan Rinciannya

Modal usaha toko kosmetik akan kami bahas berikut ini. Bagi anda yang berkeinginan untuk membuka usaha toko kosmetik tentu berfikir berapa kira-kira modal yang diperlukan untuk memulai membuka toko kosmetik ini.

Bisnis toko kosmetik memiliki prospek yang cukup menjanjikan. Sebab kosmetik merupakan kebutuhan bagi para wanita.

Wanita selalu ingin berdandan cantik, baik di rumah maupun di luar rumah. Bahkan dalam acara pesta, wanita tak tanggung-tanggung untuk memoles diri dengan riasan wajah.

Modal Yang Diperlukan Untuk Membuka Toko Kosmetik

Ada berbagai hal yang perlu anda ketahui sebelum membuka bisnis toko kosmetik seperti perkembangan dunia fasion, pengetahuan mengenai macam-macam kosmetik serta pengetahuan produk-produk kosmetik.

Untuk itu Anda perlu melakukan survey dan up date terkait harga kosmetik. Selain itu anda juga wajib tahu tentang standar legalitas kosmetik.

 

Untuk memulai usaha toko kosmetik anda harus mengkonsep tempat toko yang akan dibuka. Alangkah baiknya jika memilih tempat yang strategis di dekat perbelanjaan, area usaha, area dekat usaha lain, pinggir jalan utama, atau area perkantoran.

Pastikan pula di tempat yang anda pilih memang selalu ramai dikunjungi orang. Selanjutnya lakukan promo toko anda.

Promosi kini menjadi hal yang sangat gampang, promosi bisa dilakukan dengan cepat dan efisien melalui media online. Pemasangan banner di area sekitar toko kosmetik sangat perlu, agar orang-orang mengetahui toko kosmetik anda.

Pemasangan pamflet juga perlu dipasang supaya usaha dan produk kosmetik yang dijual di toko cepat dikenal oleh wanita-wanita di lingkungan sekitar.

Anda wajib tahu terkait harga-harga kosmetik. Sehingga anda bisa mematok dengan harga yang terjangkau. Harga kosmetik sering kali menjadi faktor yang utama perkembangan bisnis anda.

Kosmetik selalu berkaitan dengan wanita yang membandingkan harga-harga di toko lain dan mereka akan cenderung lebih memilih produk yang sama dan harga lebih murah.

Anda wajib tahu semua produk yang anda jual di toko anda telah memiliki ijin legal. Karena kosmetik berkaitan erat dengan kesehatan kulit dan sebagai alat untuk mempercantik para wanita.

Jika anda menjual produk palsu, maka efek negatif tidak bisa anda pertanggungjawabkan sehingga, akan berpengaruh pada perkembangan bisnis anda.

Modal usaha toko kosmetik wardah

 

Siapkan modal usaha toko kosmetik yang cukup untuk mulai menggeluti bisnis kosmetik, perhatikan tiga jenis modal yakni, investasi awal, modal operasional, dan modal kerja.

Selain itu persiapkan pula gaji para pegawai dengan memperhatikan sistem karyawan. Karyawan anda tak harus berkeahlian khusus untuk bekerja.

Berikan pelatihan terkait pengenalan produk dan fungsinya, dan cara-cara melayani konsumen.

Sedangkan, jika toko kosmetik anda dibuka hingga malam hari, sebaiknya menggunakan sistem shift karyawan.

Karyawan bisa bekerja berdasarkan waktu bebasnya. Namun jika karyawan lembur, anda tak perlu harus membuat sistem shift. Terkait gaji, berikan gaji dengan menyesuaikan pada Upah Minimum Provinsi.

Jika karyawan kerja lembur, sebaiknya diberikan tambahan bonus, terutama pada karyawan yang berhasil telah mencapai target jual yang ditetapkan.

Baca Juga : Ide-Ide Peluang Usaha yang Menjajikan

 

Modal usaha toko kosmetik Rumahan

Modal yang Diperlukan

rupiah

Modal yang perlu disiapkan untuk mulai menggeluti bisnis toko kosmetik meliputi dua hal. Yakni investasi awal dan modal operasional. Kalau kamu mau membuka toko yang lebih besar, Anda juga harus mempersiapkan gaji karyawan.

Modal Investasi Toko Kosmetik Offline

Modal ini meliputi biaya-biaya yang sifatnya tetap, atau dengan kata lain bisa dijadikan investasi. Berikut rincian besarnya modal yang dikeluarkan untuk kurun waktu sebulan pertama.

Modal Investasi Toko Kosmetik OfflineBesarnya Biaya (Rp)
Etalase2.000.000
Kursi dan meja700.000
Rak1.000.000
Renovasi Ruang750.000
1.1 Tabel Modal Investasi Toko Kosmetik Offline

Modal Operasional Toko Kosmetik Offline

Sementara itu biaya operasional toko kosmetik meliputi upah karyawan, sewa lokasi, biaya telp dan listrik, dan belanja produk-produk kosmetik yang akan dijual. Karena rumahan, maka lokasi dapat dilakukan di rumah atau di sekitar pemukiman tempat tinggal.  Berikut rincian besarnya modal yang dikeluarkan untuk kurun waktu sebulan pertama.

Baca Juga :  Modal Usaha Grosir Toko Plastik
Modal Operasional Toko Kosmetik OfflineBesarnya Biaya (Rp)
Pembelian Kosmetik10.000.000
Listrik dan air100.000
Telepon100.000
Upah Karyawan800.000 – 1.000.000
Biaya lain-lain100.000
Bangun toko kosmetik sederhana2.000.000
Sewa tempat di lingkungan sekitar2.000.000-5.000.000
1.2 Tabel Modal Operasional Toko Kosmetik Offline

Modal usaha toko kosmetik Toko Online

Kini membuka toko kosmetik tak hanya dapat dilakukan secara offline, melainkan dapat juga melalui media sosial. Di era digital ini, toko kosmetik online menjadi salah satu jenis bisnis kosmetik yang paling digandrungi.

Proses transaksi yang mudah dan praktis juga semakin membuat banyak konsumen beralih melakukan belanja daring. Tak hanya itu, produk-produk kosmetik yang disediakan juga jadi lebih beragam dan bervariasi. Untuk memulai bisnis online ada baiknya kamu perhatikan beberapa hal berikut.

Modal yang Dibutuhkan

reseller

Modal yang dibutuhkan dalam berbisnis toko kosmetik online bisa dibilang lebih sedikit daripada offline. Hal ini karena biaya-biaya untuk toko fisik dan karyawan dapat dikurangi. Sehingga kamu dapat menjalankan bisnismu dari rumah.

Sarana yang diperlukan bisa sangat sederhana, yakni smartphone dan laptop. Selebihnya, media promosi dan pembayaran dilakukan secara online. Supaya dapat mengira-ira, berikut rincian dana modal untuk membuat toko online.

Modal Investasi Toko Kosmetik Online

Modal ini meliputi biaya-biaya yang sifatnya tetap, atau dengan kata lain bisa dijadikan investasi. Berikut rincian besarnya modal yang dikeluarkan untuk kurun waktu sebulan pertama.

Modal Investasi Toko OnlineBesarnya Modal (Rp)
Laptop5.000.000
Smartphone3.000.000
2.1 Tabel Modal Investasi Toko Kosmetik Online

Modal Operasional Toko Kosmetik Online

Sementara itu biaya operasional toko kosmetik meliputi upah karyawan, sewa lokasi, biaya telp dan listrik, dan belanja produk-produk kosmetik yang akan dijual.  Berikut rincian besarnya modal yang dikeluarkan untuk kurun waktu sebulan pertama.

Modal Operasional Toko Kosmetik OnlineBesar Biaya (Rp)
Pembelian Kosmetik10.000.000
Listrik100.000
Kuota100.000
Lakban dan ATK200.000
Biaya Iklan di Media Sosial300.000
Biaya Iklan di Marketplace500.000
2.2 Tabel Modal Operasional Toko Kosmetik Online

Baca Juga : Ide-Ide Peluang Usaha yang Menjajikan

Untuk memulai usaha anda ada baiknya pelajari dan pahami kewajiban perpajakan yang harus dipenuhi di link ini (Kewajiban Pajak UMKM), guna untuk menunjang kelancaran dan kelegalan usaha yang anda tekuni.

Sumber :

mashmoshem.co.id

patendo.com

Share :

Baca Juga

Modal Usaha

Bisnis & usaha

Modal Awal Usaha Catering untuk Pemula
Modal Usaha

Bisnis & usaha

Modal & Perhitungan Bisnis Jamur Tiram
Modal Usaha

Bisnis & usaha

Modal Usaha Ternak Sapi (Estimasi Biaya Ternak Sapi)
Modal Usaha

Bisnis & usaha

Modal Usaha Warung Sembako untuk Pemula
Modal Usaha

Bisnis & usaha

Keuntungan Usaha Angkringan dan Rincian Modalnya
Modal Usaha

Bisnis & usaha

Modal Usaha Aneka Gorengan Untuk Pemula
Modal Usaha

Bisnis & usaha

Modal Usaha Laundry dan Rincianya
Modal Usaha

Bisnis & usaha

Modal Usaha Ternak Ayam Potong Bagi Pemula
%d blogger menyukai ini: